Cara Merawat Busana Muslim Berbahan Katun

Tidak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi, pastinya sebagai umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan, disalah satu malam bulan ramadhan terdapat malam lailatul qadr, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu Malam turunnya Al-Quran. Bulan ramadhan , akan diisi oleh umat muslim dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti pengajian, shalat taraweh, rajin membaca Al Quran, shadaqah dll. Setelah satu bulan kita berpuasa menahan hawa nafsu, lapar dan haus.. umat muslim akan merayakan kemenangan dengan idul fitri. Perayaan idul fitri, pasti lekat kaitannya dengan busana muslim.


Busana muslim pasti sering digunakan ketika bulan ramadhan, bisa untuk menghadiri pengajian atau datang ketika buka bersama dan kegiatan lainnya. Terutama ketika idul fitri, saat shalat id. Umat islam akan memakai baju terbaik mereka salah satunya busana muslim. Agar busana yang dipakai lebih awet, dan layak pakai dalam waktu yang lama, anda harus pandai dalam merawat busana muslim anda. Dalam merawat busana muslim berbeda-beda tergantung bahan pembuatannya seperti wool, katun, lycra, spadek, satin, sutra,parasut .

Jika anda sering menggunakan busana muslim berbahan katun, anda harus bisa merawatnya agar busana muslim bisa digunakan lebih lama. Bahan katun merupakan bahan favorit, sebab nyaman digunakan. Baju favorit merupakan baju yang sering digunakan, oleh karena itu agar baju tetap awet harus bisa dirawat dengan baik.

Langkah pertama dalam merawat busana katun adalah perhatikan ketika mencuci. Gunakan tangan untuk mencuci baju berbahan katun, agar busana anda lebih awet. Katun merupakan kain berserat alami, jadi ketika dicuci akan menyusut. Jika anda mencuci menggunakan mesin cuci, pisahkan katun dari katun yang ringan hingga berat. Ketika mencuci, balikan busana berbahan katun anda agar warna nya tidak pudar. Perhatikan suhu air, anda bisa menghilangkan noda pada katun dengan menggunakan air hangat. Ketika ada noda di busana katun anda, rendamlah dulu baju katun dengan detergen kemudian kucek pada bagian noda agar tidak berbekas.

Langkah kedua dalam menjaga busana muslim berbahan katun anda perhatikan ketika proses menyetrika. Ketika anda menyetrika, gunakan suhu hangat jangan panas. Menyetrika dengan suhu hangat bisa menghilangkan kusut tanpa merusak serat kain. Ketika menyimpan, jangan menyimpan pakaian di suhu lembab dan terkena sinar matahari langsung. Simpan busana muslim berbahan katun di lemari yang kering dan sejuk bersuhu ruangan. Busana berbahan katun sangat cocok dipakai saat musim kemarau. Katun merupakan bahan yang ringan dan menyerap angin. Dengan suhu panas di Indonesia saat musim kemarau, baju berbahan katun sangat cocok digunakan. Anda tetap bisa nyaman dengan memakai busana muslim ketika musim kemarau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *